AMANAH Kami berusaha semaksimal mungkin melayani customer dengan pelayanan terbaik. Dengan senang hati menjawab segala pertanyaan anda. Silahkan hubungi kami via WhatsApp/Telegram 082231133477 FULL DISKON Dapatkan produk-produk dengan harga bersaing. Daftarkan diri anda menjadi sahabat etalasekita.com untuk mendapatkan bonus khusus atau harga yang lebih bersaing.
Beranda » Artikel Terbaru » Keutamaan Hari Jum’at

Keutamaan Hari Jum’at

Diposting pada 1 March 2019 oleh admin | Dilihat: 6 kali

Sejumlah hadis mengungkapkan, Jumat merupakan hari yang baik dan mempunyai keistimewaan. Rasulullah pernah bersabda, sebaik-baik hari di mana matahari terbit adalah Jumat. Pada hari itulah, Adam diciptakan dan pada waktu itu pula ia dimasukkan ke dalam surga. Pada hari yang sama, Adam juga dikeluarkan dari surga.

Kiamat pun, jelas Rasulullah dalam sabdanya, tidak akan terjadi melainkan pada hari Jumat. Ini adalah hadis riwayat Muslim, Abu Dawud, Nasa’I, serta Tirmidzi yang menyatakan kesahihan hadis tersebut. Sayyid Sabiq, mengutip hadis tersebut dalam bukunya, Fiqih Sunnah.

Pada hari Jumat, terjadi lima peristiwa besar. Pertama, Allah SWT menciptakan Adam, kedua, Allah menurunkan Adam ke bumi, ketiga, Allah mewafatkan Adam, keempat, pada hari Jumat itu ada suatu saat di mana tidak seorang hamba pun berdoa kepada-Nya melainkan Allah pasti akan mengabulkannya.

Tentu selama permintaan tersebut bukan sesuatu yang bersifat haram. Dan kelima, Jumat merupakan hari di mana kiamat akan terjadi. Oleh karena itu, tiada malaikat, langit, bumi, angin, gunung, atau lautan yang tak merasakan ketakutan ketika Jumat itu telah tiba. Sayyid Sabiq mengatakan, Iraqi menegaskan bahwa sanad hadis ini hasan.

Beberapa hadis pun mendorong umat Islam untuk melantunkan doa pada hari yang istimewa itu. Abu Sa’id dan Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa pada hari Jumat terdapat suatu saat di mana Muslim yang memohon kepada Allah pasti dikabulkan permohonannya.

Rasulullah mengungkapkan, saat itu adalah Ashar. Hadis tersebut diriwayatkan oleh Ahmad. Menurut Ahmad bin Hanbal, sebagian besar hadis yang ia terima menegaskan bahwa saat terkabulnya doa itu adalah setelah Ashar. Ada pula keterangan lain melalui hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud yang ia terima dari Abu Musa.

Ia menuturkan, dirinya pernah mendengar Rasulullah mengatakan saat makbulnya doa itu terjadi di antara waktu imam duduk di atas mimbar sampai selesai shalat. Namun, Sayyid Sabiq menjelaskan hadis tersebut mudtharib, yang berarti hadis terputus sanadnya.

 

sumber : https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/19/02/01/pm7tev313-keutamaan-hari-jumat

Bagikan informasi tentang Keutamaan Hari Jum’at kepada teman atau kerabat Anda.

Keutamaan Hari Jum’at | etalasekita.com

Belum ada komentar untuk Keutamaan Hari Jum’at

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 20%
QUICK ORDER
24 Nabi dan Rasul Plus

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 2.040.000 Rp 2.550.000
Ready Stock
Rp 2.040.000 Rp 2.550.000
Ready Stock
OFF 5%
QUICK ORDER
Dalam Dekapan Mukjizat Al Qur’an

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 56.050 Rp 59.000
Ready Stock / SQ.DDAQ
Rp 56.050 Rp 59.000
Ready Stock / SQ.DDAQ
OFF 10%
QUICK ORDER
Syaamil Quran Tikrar A4 Hardcover

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 116.100 Rp 129.000
Ready Stock / SQ.TA4HC
Rp 116.100 Rp 129.000
Ready Stock / SQ.TA4HC
SIDEBAR